Pengertian Administrasi

Pengertian Administrasi – Administrasi ialah yang berperan yang menggenggam satu peran yang penting pada terwujudnya satu kemudahan usaha aktivitas, atau aktivitas yang dilaksanakan oleh perusahaan/organisasi. karena itu dapat disebutkan administrasi sebagai urat nadi satu perusahaan dan administrasi bisa juga menunjukkan bukti dan info yang dibutuhkan untuk sebuah rencana dengan detail dan info/data yang mencakup catatan yang tepat, formulir dan sebuah laporan yang mencakup pekerjaan administrasi.

Unsur-Unsur Administrasi

Dikutip dari : https://rumus.co.id/

Aktivitas yang memiliki sifat kerja sama meliputi sektor yang paling luas dimanapun kerja sama selalu menempel pada aktivitas manusia menurut The Liang Gie yang disebutkan administrasi ialah ; “Seluruh proses penyelenggaraan dalam tiap usaha kerja sama satu kelompok manusia untuk capai arah tertentu”. Dari defenisi The Liang Gie itu kita mendapatkan tiga elemen administrasi yang terbagi dalam :

  • Aktivitas mengikutsertakan 2 orang ataupun lebih
  • Aktivitas dilaksanakan secara bersama
  • Ada arah tertentu yang akan diraih.

Tiga elemen itu erat berkaitan keduanya dan terintegrasi. Bila diantaranya tidak ada karena itu aktivitas itu tidak bisa dikatakan sebagai administrasi.

Tipe – tipe Pengetahuan Administrasi

Sumber Referensi : https://rumusbilangan.com/

Pada umumnya pengetahuan administrasi dipisah dalam dua cabang besar yaitu : adminitrasi negara dan administrasi niaga ketidaksamaan di antara dua cabang pengetahuan ini berada pada konsentrasi ulasan atau object study.

Administrasi Negara

Administrasi negara memiliki banyak pengertian, yang pada umumnya bisa dipisah dalam Pengertian Administrasi dua kelompok. Pertama, pengertian yang menyaksikan administrasi negara cuman di pada lingkungan instansi eksekutif saja. Dan ke-2 , pengertian yang menyaksikan lingkup administrasi negara mencakup semua cabang pemerintah dan beberapa hal yang terkait dengan khalayak.

Kunjungi : https://rumusrumus.com/

Ada jalinan interaktif di antara administrasi negara dengan peradaban sosialnya. Antara bermacam elemen peradaban sosial, elemen budaya sebagai elemen yang terbanyak memengaruhi performa (performnce) administrasi negara.

Administrasi Niaga

Menurut Prof. Dr. MR. S. Prajudi Admosudidjo dalam bukunya yang dengan judul “Administrasi Niaga atau Business Administration” ialah satu pemahaman yang meliputi dua pemahaman jadi satu, yakni :

Administrsi Niaga ialah adminitrasi daripada satu organisasi niaga keseluruhannya, jikamana organisasi niaga itu sebagai perusahaan, karena itu administrasi niaga itu digerakkan oleh Direksi daripada perusahaan.
Administrasi Niaga ialah administrasi yang memburu terwujudnya arah-tujuan yang memiliki sifat keniagaan (business objective), dalam artian ini, administrasi niaga itu dijalnkan oleh tiap manajer pada suatu organisasi niaga.

Kunjungi : https://materibelajar.co.id/

Dari rincian itu bisa diambil simpulan jika Administrsi Niaga ialah proses kerja sama dari barisan orang untuk capai keuntungan / keuntungan yang sebesar-besarnya.

Peranan Administrasi

Bersumber dari : https://majalahpendidikan.com/

  1. Rencana (Rencana)
    Rencana adalah satu penyusun rencana yang membutuhkan satu aktivitas adminitrasi, Pengertian Administrasi seperti pada penghimpunan data, pemrosesan data, dan pengaturan rencana.
  2. Organizing (pengorganisasian)
    Orgabizing adalah satu aktivitas membuat dan membuat satu hubungan-hubungan kerja di antara beberapa orang hingga bisa diwujudkan satu kesatuan usaha di dalam meraih satu arah-tujuan yang sudah diputuskan.
  3. Staffing
    Staffing satu diantara peranan dari management yang membuat personalia pada suatu organiasik dimulai dari mengambil sebuah tenaga kerja, pengembangannya s/d usaha untuk tiap tenaga petugas memberikan satu daya buat yang optimal ke organisasi.
  4. Directing (pembimbingan atau tuntunan)
    Directing satu diantara peranan management yang terkait dengan usaha memberikan tuntunan, anjuran, beberapa perintah, untuk pekerjaan yang dilaksanakan secara baik dan betul-betul tertuju dari yang telah ditetapkan sebelumnya.
  5. Coordinating
    Coordinating adalah beberapa dari peranan management untuk melakukan beberapa aktivitas supaya berjalan dengan baik dengan menghindar terjadi satu kerusuhan, pertikaian, kekosongan Pengertian Administrasi aktivitas yang dilaksanakan dengan menyambungkan, menjadikan satu dan menyesuaikan satu pekerjaan bawahan yang hingga ada kerja sama dengan yang terukur pada suatu usaha untuk capai satu arah organisasi.

Arah Administrasi

  • Supaya seorang usaha dapat memonitor satu aktivitas administrasi perusahaannya
  • Supaya pengurus usaha dapat menilai satu beberapa kegiatan dalam koordinasi perusahaan
  • Supaya seorang pengurus usaha dapat membuat satu program peningkatan usaha dan satu aktivitas koordinasi
  • Supaya seorang pengurus usaha dapat amankan satu beberapa kegiatan usaha dan perusahaan organisasi.
  • Di dalam sebuah perusahaan administrasi memiliki peranan penting di dalam sebuah perusahaan.

Sumber : https://pelajarindo.com/