Gigi adalah: Pengertian, Jenis, Anatomi, Bagian, Penyakit Gigi

definisi gigi
Baca cepat Buka

Gigi adalah organ pencernaan mekanis di dalam mulut. Gigi merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh, sehingga penting untuk selalu menjaga kesehatan gigi untuk memastikan kinerja fungsi gigi yang optimal. Juga disarankan untuk mengunjungi dokter gigi setidaknya dua kali setahun atau setiap 6 bulan. Fungsi gigi adalah untuk mengunyah, mencabik dan mencerna makanan, tetapi gigi juga berperan penting dalam berbicara.
Jenis-jenis gigi dan fungsinya

Berikut adalah jenis-jenis gigi dan fungsinya adalah sebagai berikut :

  1. Gigi seri (gigi seri identik)

Gigi seri adalah gigi yang terdiri dari akar yang digunakan untuk memotong dan menggiling makanan atau benda lain. Gigi seri terdiri dari 8 gigi, terletak di bagian depan mulut Anda (4 di atas dan 4 di bawah). Gigi seri digunakan untuk menggigit makanan. Gigi seri biasanya merupakan gigi pertama yang muncul sekitar usia 6 bulan.

Taring (gigi taring identik)

Gigi taring adalah gigi yang paling tajam dan digunakan untuk mengoyak makanan. Gigi taring muncul antara usia 16 hingga 20 bulan, dengan gigi taring tepat di atas dan di bawah. Namun, dalam kasus gigi permanen, urutannya terbalik, gigi taring baru berubah sekitar usia 9 tahun. Fungsi gigi taring adalah untuk merobek makanan atau benda lain.
Baca Selengkapnya : Sinopsis

  1. Gigi premolar

Premolar adalah gigi yang digunakan untuk mengunyah dan menggiling makanan. Orang dewasa memiliki 8 gigi premolar di setiap sisi mulut, 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah. Premolar pertama muncul sekitar usia 10 tahun dan premolar kedua sekitar setahun kemudian. Premolar terletak di antara gigi taring dan gigi geraham.
geraham ke-4

Geraham adalah gigi terbesar dan terkuat. Geraham bertanggung jawab untuk mengunyah dan menggiling makanan. Pada umumnya orang dewasa memiliki delapan geraham yang terbagi menjadi empat di bagian atas dan empat di bagian bawah.

Gigi bungsu

Gigi bungsu adalah gigi terakhir yang berada di belakang gigi geraham. Biasanya gigi bungsu ini baru muncul pada usia 18-20 tahun. Namun, pada beberapa orang, gigi ini mungkin tidak tumbuh sama sekali. Sayangnya, gigi bungsu ini dapat tumbuh berlawanan dengan gigi lain dan menyebabkan rasa sakit, sehingga harus segera dicabut.
Anatomi gigi

Berikut susunan anatomis gigi manusia diantaranya :

Enamel gigi adalah bagian gigi yang paling keras dan paling putih. Enamel gigi melindungi jaringan vital di dalam gigi, yang terutama terdiri dari kalsium dan fosfat.
Dentin adalah lapisan di bawah email. Ini adalah jaringan keras yang berisi tabung kecil. Jika email rusak, suhu panas atau dingin dapat menembus gigi melalui jalur ini dan menyebabkan gigi sensitif atau sakit.
Semen adalah lapisan jaringan ikat yang secara kuat menghubungkan akar gigi dengan gusi dan tulang rahang. Karena lebih lembut dari email gigi dan dentin, cara terbaik untuk melindungi jaringan lunak dari kerusakan gigi adalah dengan merawat gusi Anda dengan baik. Semen berwarna kuning muda dan biasanya ditutupi oleh gusi dan tulang. Jika Anda tidak merawat gigi dengan baik, gusi Anda bisa menjadi sakit dan menyusut, yang dapat menyebabkan plak dan bakteri berbahaya menumpuk di gigi Anda.
Pulpa adalah bagian yang lebih lembut dari anatomi gigi, terletak di tengah dan inti gigi Anda, dan berisi pembuluh darah, saraf, dan jaringan lunak lainnya. Bagian ini berguna untuk memberikan nutrisi dan sinyal ke gigi Anda.
Ligamen periodontal adalah jaringan yang menahan gigi dengan kuat ke rahang.
Gusi adalah jaringan lunak yang menutupi dan melindungi akar gigi. Gusi tidak menempel pada gigi.

Baca lebih lanjut: Apakah insektivora?
Bagian gigi

Bagian-bagian gigi antara lain :

  1. Mahkota gigi

Mahkota gigi merupakan bagian dari anatomi gigi yang terlihat jelas di rongga mulut. Mahkota gigi adalah ruang untuk email gigi dan bagian dari lapisan dentin. Kerusakan mahkota gigi, sering disebut sebagai kerusakan gigi, adalah jenis penyakit gigi yang paling umum.

  1. Leher gigi

Leher gigi adalah bagian yang terletak di antara mahkota gigi dan akar gigi. Dilihat dari rongga mulut, leher gigi merupakan daerah di tepi gusi. Leher gigi juga dikenal sebagai leher gigi.

  1. Akar gigi

Akar gigi adalah bagian gigi yang tertanam di gusi dan tulang rahang. Saluran akar gigi adalah tempat pembuluh darah dan saraf gigi berada. Kerusakan yang sudah sampai ke akar gigi biasanya kerusakan yang parah.
Penyakit gigi

Berikut beberapa jenis penyakit yang umum terjadi pada gigi antara lain:

Lihat Juga :

https://mandiriecash.co.id/
https://allenstanford.id/
https://nusanews.id/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/
https://beautynesiablog.id/
https://www.sudoway.id/

Gingivitis adalah kondisi gigi yang dapat menyebabkan hal ini