Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD – Apa kamu terhitung pemakai handphone Android yang hoby mengumpulkan aplikasi? Kemungkinan berbentuk program ubah photo, pembikin video, games mobile, atau yang lain? Karena itu kamu perlu sekali tahu nih mengenai langkah mengalihkan program ke kartu SD.

Jika kebanyakan program yang kamu instal, ruangan penyimpanan di handphone pasti cepat penuh, kan? Nach, salah satunya jalan keluar paling efisien ialah mengalihkan penyimpanan beberapa aplikasi itu ke kartu SD, jadi nanti ruangan penyimpanan intern Android dapat kembali lega dan Android tidak lelet.

Besarnya kemampuan penyimpanan dari kartu SD sendiri, atau umum disebutkan dengan SD Card telah makin bermacam nih, dimulai dari hanya 16MB sampai ada yang 2TB lho. Berapa saja kemampuannya, seharusnya kamu prioritaskan kualitas ya, maka janganlah tergoda dengan harga terjangkau.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Alasan khusus mengapa kamu seharusnya beli SD Card yang berkualitas walau harga tambah mahal ialah supaya beberapa data yang kamu taruh di SD Card tidak gampang korup atau lenyap.

Tetapi ingat, imbangi dengan pemakaian yang betul. Supaya SD Card kamu tahan lama dan beberapa data didalamnya masih tetap aman sekian tahun, kamu dapat turuti beberapa panduan yang kami rangkum dari https://lppdjatim.id/ sebagai berikut:

  • Tidak boleh taruh SD Card secara asal-asalan agar fisiknya tidak gampang tergesek atau hancur.
  • Jauhi rutinitas untuk melepaskan pasang / mengalihkan satu SD Card ke banyak piranti.
  • Walau SD Card kamu memiliki besar sekali, tetapi tidak boleh isi sampai 100% full. Kamu harus sisakan sekitaran 10-20% ruangan kosong.
  • Jangan sampai masukkan SD Card ke piranti apa saja itu yang tidak diperlengkapi dengan anti-virus, karena beberapa data kamu bias terancam terserang virus atau bahkan juga korup.

Sebagai info tambahan, ada banyak program yang tidak dapat dipindah ke kartu SD, misalkan program standar atau bawaan di handphone kamu. Dan untuk langkah mengalihkan program ke kartu SD, kamu dapat turuti satu dari beberapa opsi langkah berikut ini:

Alihkan Melalui Menu Settings

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD berikut ini tidak bisa kamu praktikkan jika Android kamu telah memakai mekanisme operasi 10 dan 11, dan di sejumlah merek Android dengan mekanisme operasi 9 Pie tidak dapat. Jika Android kamu bukan satu dari ke-3 di atas, kamu dapat turuti beberapa langkah berikut ini:

  • Membuka menu Penataan di Android.
  • Tentukan sub menu Apps / Program.
  • Click program yang ingin kamu alihkan ke SD card dengan click nama program itu.
  • Sesudah detil info program terbuka, click tombol Tukar / Tukar Penyimpanan.
  • Tentukan SD card dan nantikan sesaat untuk mekanisme Android mentransfer program ke penyimpanan external.
  • Ulang cara ke-3 sampai ke-5 untuk mengalihkan program lain . Maka langkah pemindahannya ialah satu demi satu bukan langsung banyak program sekalian.

Pakai Kontribusi Aplikasi Pihak Ke-3

Langkah pertama di atas kemungkinan akan sukses jika Android kamu sesuai persyaratan di atas. Tetapi jika karena satu argumen cara tersebut tidak sukses, atau kamu ingin sekadar tahu langkah lain, kamu dapat check langakah-langkah berikut ini:

  • Pertama tentukan dahulu program faksi ke-3 yang punyai peranan untuk mengalihkan program ke kartu SD. Ada beberapa opsinya di Google Play dimulai dari yang gratis sampai berbayar. Jika kamu belum mendapati yang pas, kamu dapat mencoba program namanya Link2SD.
  • Membuka program Link2SD dan tentukan salah satunya atau beberapa program yang telah kamu install di Android untuk dipindahkan ke kartu SD.
  • Click tombol Move to SD Card, dan click tombol Bergantung seberapa banyak dan berapa besar ukuran program yang kamu alihkan, proses perpindahan ini dapat berjalan cuman dalam perhitungan detik atau sedikit lama.

Pakai Aplikasi Namanya AppMgr III

AppMgr III ini tidak berbeda jauh dengan Link2SD barusan, yang sama gratis dan dapat kamu unduh dari Google Play Toko.

Program ini benar-benar singkat hanya karena ada tiga menu khusus yang terbagi dalam Movable, On SD Card, dan Phone Only. Langkah mengalihkan program ke kartu SD melalui program ini ialah:

  • Sesudah program terinstal di piranti Android, membuka program dan pada penampilan teras pilih tab Movable (berada di barisan paling kiri).
  • Sesudah Movable terbuka, monitor akan tampilkan kumpulan game dan program yang terinstal di Android kamu yang dapat kamu alihkan ke SD Card (program bawaan/standar tidak akan diperlihatkan karena tidak dapat dipindah).
  • Saat ini coba click satu nama program, dan sesudah ada menu, tentukan Move to SD Card. AppMgr III akan mengalihkan program yang telah kamu tentukan baru saja ke SD Card cuman dalam perhitungan detik. Pakai langkah yang serupa untuk mengalihkan program lain.

Alihkan dengan USB Debugging

Apa kamu pernah dengar atau membaca istilah USB Debugging? Istilah ini sangat akrab di kelompok pemakai handphone berbasiskan Android tetapi jika kamu belum mengetahui, USB Debugging adalah feature umum di Android yang disimpan secara terselinap di bawah menu Developer Pilihan.

Secara simpel, peranan dari feature ini sebagai alat berkomunikasi di antara piranti Android kamu dengan computer yang dapat dipakai untuk jalankan Android SDK (Software Developer Kit) buat lakukan operasi kelanjutan lewat kabel USB.

Lewat USB Debugging, nanti Android kamu dapat terima atau mengirimi file, perintah, atau hal yang lain semacam dari atau ke computer. Langkah mengalihkan program ke kartu SD melalui USB Debugging dapat berbeda bergantung merek dan type Android yang kamu pakai.

Karena di masing-masing merek Android, ada langkah berlainan untuk aktifkan USB Debugging barusan, ada yang triknya dengan masuk pada menu Penataan > tentukan About phone > dan tab cepat 7 kali pada bagian Build number.

Tetapi, ada pula yang cukup masuk pada menu Penataan > tentukan Penataan Yang lain > tentukan Developer Seting, lalu geser tombol bundar kecil di samping kanan tulisan USB Debugging.

Ada pula yang triknya dengan masuk ke Penataan > tentukan About phone > tentukan Devide information > tentukan Developer options > Aktifkan tombol di samping tulisan USB debugging > click Ok.

Dengan satu dari ke-3 langkah di atas atau langkah yang lain, jika sudah dapat aktifkan USB Debugging, saat ini kamu dapat turuti dua cara berikut ini:

  • Hubungkan Android dengan netbook memakai kabel USB dengan keadaan USB Debugging masih aktif.
  • Secara automatis, folder-folder yang berada di Android kamu akan ada di monitor computer. Kamu perlu mengalihkan folder atau program yang ingin dipindah dari penyimpanan intern Android ke SD Card dengan click kanan dan tentukan

Empat langkah mengalihkan program ke kartu SD di atas telah dipraktikkan oleh beberapa pemakai Android dan bisa dibuktikan sukses. Walau awalannya kemungkinan sedikit memusingkan, tetapi dengan seringkali latihan kamu akan terlatih.